Rabu, 30 November 2016

Mahasiswa UNJ Kenalkan Seni Tari Indonesia di Florida


Hampir terdapat 700 suku bangsa yang tersebar di 33 provinsi menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya. Setiap budaya yang berkembang di Indonesia memiliki ciri khusus yang mencerminkan tempat budaya tersebut dihasilkan. Tidak hanya terkenal dengan pariwisatanya, tetapi Indonesia juga terkenal dengan budayanya.  Hal ini menjadi perhatian serta menarik minat masyarakat maupun warga negara asing untuk mengenal berbagai keanekaragaman budaya yang lahir melalui karya seni tari tradisional.


Perwakilan Universitas Negeri Jakarta, Fani Aprilia, beserta rekan-rekannya dari jurusan Seni Tari dan Seni Musik berhasil memperkenalkan keindahan tari tradisional Indonesia lewat acara Festival Kebudayaan Indonesia bersama Wonderful Indonesia yang diadakan di Florida. Fani yang saat itu dibantu dengan dosennya, Pak Ida Bagus yang merupakan ketua LEKHI (Lembaga Etnik Khatulistiwa Indonesia) menampilkan tarian yang beragam, diantaranya adalah tari yang berasal dari Kalimantan, Papua, Bali, Padang, Betawi, Jawa Timur, Sulawesi, dan Sumatera.


Festival yang dimulai pada 3 November dengan persiapan selama 2 minggu di Florida, tidak menuruni semangat Fani dan rekan-rekannya untuk memperkenalkan tarian Indonesia, walaupun perjalanan yang ditempuh sangatlah jauh. Terbukti, festival yang berlangsung di 2 kota, yaitu di kota Miami dan kota Orlando terbilang sukses dengan respon penonton yang positif. Tidak hanya dihadiri warga negara asing, warga negara Indonesia yang tinggal disanapun ikut hadir. Salah satu yang menarik adalah saat Fani dan rekan-rekan tampil di mall kota Orlando, saat tarian penutup yang disajikan adalah tarian berasal dari Kalimantan, para penari memberikan interaksi dengan mengajak penonton ikut menari, dan respon yang diberikan penonton adalah antusias dan menyambutnya dengan ikut menari. Hal ini menjadi bukti bahwa kebudayaan Indonesia benar-benar disambut baik oleh masyarakat setempat.


Budaya merupakan warisan yang harus dijaga, diteruskan dan diperkenalkan secara turun temurun. Menghargai keanekaragaman budaya yang berkembang di Indonesia merupakan cermin tingginya kebudayaan bangsa. Sebagai masyarakat yang lahir dan hidup di Indonesia, sudah sepatutnya untuk terus mempelajari kebudayaan yang ada, tidak hanya menikmatinya saja, tetapi juga mengapresiasi segala budaya yang ditampilkan lewat karya seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar